Cara Test IC EMMC Pada Oppo Joy R1001

Belakangan ini saya sering menemui kasus smartphone Oppo Joy mengalami bootloop. Tapi setelah di flash ulang menggunakan SP Flastool hasilnya masih tetap bootloop juga. Iya memang awalnya bisa masuk ke sistem, tapi selang beberapa hari pemakaian normal pasti kembali lagi bootloop. Padahal saya menggunakan stockrom Oppo Joy R1001 versi NAMNGUYEN yang paling banyak digunakan dalam dunia flashing Oppo Joy.
Oppo Joy

Setelah saya telaah baik-baik, ternyata banyak diforum menjelaskan bahwa Oppo Joy memang paling rapuh di sektor EMMC. Tak heran jika banyak keluhan smartphone Oppo Joy R1001 setelah pemakaian  satu atau dua tahun mengalami bootloop. Dan kenyataannya memang benar, dari dua Smartphone Oppo Joy R1001 yang saya flash, keduanya berhasil kembali bisa digunakan tapi selang beberapa hari kembali lagi bootoop.
Yang bahaya lagi ketika Oppo Joy kita mengalami bootloop dan kita tergesa-tegasa untuk mem-flash ulang apalagi ternyata IC EMMC nya rusak akibatnya akan fatal. Pada beberapa kasus yang saya baca ada yang cuman bergetar saja, ada yang berbunyi tapi layar blank hitam dan yang paling parah mengalami HardBrick.
Nah, maka dari itu FansTekno akan membagikan Tips Tentang Bagaimana Cara Test EMMC Pada Oppo Joy R1001. Tips ini bukan untuk smartphone Oppo Joy saja tentunya smartphone yang menggunakan chipset Mediatek bisa menggunakan cara ini. Berikut saya paparkan caranya :
-Alat dan Bahan
1. Laptop/Notebook/PC
2. Smartphone Oppo Joy R1001 + USB Charger
3. Stockrom Oppo Joy R1001
4. SP Flashtool V3.1344
Untuk masalah bahannya silahkan cari sendiri di Internet, disini saya hanya menyediakan turorialnya saja. Ok Next ->
-Langkah-langkah
1. Extrak Rom Oppo Joy R1001 dan SP Flashtool
2. Buka SP Flashtool (Run As Administrator)
3. Klik Scratter Loading dan arahkan ke folder Stock Rom yang sudah kita extrak.

4. Klik Tab Memory Test

5. Disamping Kiri, Centang pilihan EMMC Test

6. Kemudian Klik Start
7. Matikan Oppo Joy R1001, cabut baterainya dan colokan ke PC menggunakan USB. Setelah Oppo Joy bergetar berirama, tekan dan tahan tombol Power UP sampai proses berjalan dan ada notifikasi OK berwarna hijau. Nanti akan ada hasil test yang sudah kita lakukan tadi. Berikut contoh EMMC Oppo Joy yang bermasalah.

Kalau tidak ada masalah pada EMMCnya biasanya ada tulisan "EMMC Pattern Test (0x5A5A)" itu artinya EMMC kita terdeteksi.

Sekian tutorial dari FansTekno, semoga bermanfaat. Ingat, bertindak bijaklah sebelum melakukan sesuatu karena itu akan menentukan langkah selanjutnya. Salam Tekno.

(Kudus, 30 Agustus 2016)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Test IC EMMC Pada Oppo Joy R1001"

Post a Comment