Daftar HP Terbaru 2016 - HP Terbaru Yang Terancam Tidak Masuk Indonesia

HP Terbaru Yang Terancam Tidak Masuk Indonesia - Tidak lama lagi aturan dari Kementrian Teknologi dan Informatika akan menerapkan peraturan Tingkat Komponen Dalam Negeri atau disingkat TKDN 30% di jaringan 4G LTE. Sebelumnya mungkin ada sebagian orang yang masih bertanya apa itu TKDN 4G ? TKDN adalah nilai atau persentase komponen produksi buatan Indonesia yang dipakai dalam sebuah produk berbasis jaringan 4G LTE. Komponen tersebut bukan hardware saja, melainkan software dan tenaga kerja lokal. Tujuan dari aturan ini adalah untuk mengurangi defisit perdagangan akibat banyaknya barang impor yang masuk tanpa penyaringan apapun.

Jadi TKDN 4G LTE dibuat untuk kepentingan rakyat banyak dengan mengedepankan nilai lokal Indonesia. Dalam aturan TKDN 4G LTE 30% ini bagi perusahaan smartphone yang memiliki spesifikasi 4G LTE dalam smartphone buatannya harus memenuhi kriteria yang sudah dibuat pemerintah. Pada intinya setiap vendor yang ingin masuk pasar Indonesia harus mempunyai Pabrik di Indonesia dan mempekerjakan tenaga kerja lokal. Tapi dalam aturan tersebut vendor smartphone yang keberatan mendirikan pabrik di Indonesia bisa dengan mengembangkan softwarenya dengan cara mendirikan "rumah desain" (design house) di Indonesia. Dimana nantinya akan diarahkan kepada tenaga teknisi lokal Indonesia yang pinter-pinter. Itulah aturan TKDN 4G LTE 30%.

Namun ada beberapa atau bahkan sebagian besar vendor smartphone yang malah memilih hengkang dari pasar smartphone Indonesia dan ada juga vendor yang membuang embel-embel 4G pada produk mereka. Yang sangat disayangkan adalah beberapa Perusahaan besar smartphone yang sudah mendapatkan hati di Indonesia memilih tidak masuk pasar Indonesia sebagai contoh adalah Xiaomi, One Plus sampai iPhone milik Apple. Berikut beberapa HP Terbaru Yang Terancam Tidak Masuk Indonesia terkait peraturan TKDN dan semuanya tergolong flagship :

1. One Plus 3

Issue One Plus akan meninggalkan pasar Indonesia memang sudah sejak lama, apalagi peraturan TKDN 30% bulan Oktober akan segera diterapkan. Termasuk ponsel terbaru mereka One Plus 3.

2. Xiaomi Mi5

HP Xiaomi memang ada sebagian yang sudah masuk resmi ke Indonesia, dan dari kesemuanya tersebut seri ponsel kelas menengahlah yang banyak beredar di Indonesia. Termasuk seri flagship terbaru Xiaomi yang bernama Mi5 ini tidak akan masuk resmi ke Indonesia.

3. Sony Xperia X

Setelah sukses dengan seri Xperia Z dan Xperia M Aqua, Sony baru-baru ini merilis ponsel terbaru mereka yang bernama Sony Xperia X. Meskipun ini digadang-gadang sebagai penerus Xperia Z tapi sayangnya ponsel yang ditenagai Prosessor Snapdragon 820 dengan perpaduan Ram 3GB ini tidak lekas masuk ke Indonesia secara resmi.

4. iPhone

Ada banyak vendor yang terbentur aturan TKDN 30% ini dan salah satunya adalah iPhone-nya Apple. Apple memang perusahaan yang sangat kredible di bidang smartphone dan pengembangan software tapi kenyataannya ponsel terakhir Apple yang masuk resmi ke Indonesia cuma iPhone 6. Setelah iPhone 6 tidak ada lagi ponsel iPhone yang masuk seperti iPhone 6S dan iPhone 6S Plus dan termasuk iPhone 7.

5. HTC

Setelah gagal eksis dengan HTC 9 kini Vendor HTC telah merilis HTC 10 dengan kualitas kamera yang mumpuni. Namun eksistensinya sampai saat ini belum terlihat di Indonesia, mungkin karena faktor TKDN 30%.

6. Huawei P9

Sempat mengadakan acara peluncuran di Bali pada bulan Mei 2016 yang lalu, Huawei hanya merilis Huawei P9 Lite yang merupakan test market. Baru setelah itu Huawei P9 akan diresmikan. Tapi nyatanya sampai sekarang tak kunjung datang.

Itulah beberapa Vendor smartphone yang diperkirankan tidak masuk kedalam Indonesia karena faktor TKDN. Namun terlepas dari Pro dan Kontra yang terjadi, setiap peraturan yang dibuat pemerintah adalah demi kebaikan dan kemaslahatan bersama. Sekian artikel dari kami.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Daftar HP Terbaru 2016 - HP Terbaru Yang Terancam Tidak Masuk Indonesia"

Post a Comment